25/06/2022

Kadis Dinas Kesehatan Punggut Dana BOK

1 min read

MERANGIN-Dugaan pungutan liar (pungli) sebesar 7 persen dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Puskesmas se Kabupaten Merangin mencuat.

Pasalnya, dari informasi yang berhasil dihimpun Media ini Kamis (2/9) Dana BOK yang disalurkan ke setiap Puskesmas dilakukan pemotongan, pemotongan tersebut dilakukan sebanyak tujuh persen oleh pihak Dinas Kesehatan ke setiap Puskesmas di Kabupaten Merangin.

Namun dengan dilakukanya pemotongan 7 persen oleh pihak Dinas Kesehatan tersebut seluruh Kapus justru meminta pemotongan sebanyak lima Persen.

“Di grub WA seluruh kapus ni ado kalau dio (Kadis Dinas kesehatan, red) dana BOK tu dipotong tujuh persen, tapi seluruh kapus dak mau minta limo persen, terjadi tawar menawar, ” ujar salah satu Kapus di Kabupaten Merangin yang engan Namanya disebutkan saat dikonfirmasi Media ini.

Dilanjutinya, pemotongan 7 persen dana BOK tersebut dilakukan setiap Bulannya, dari potongan 7 persen tersebut berkisar 6 Juta setiap satu bulan

“Kini WA minta 7 persen sudah dihapus oleh operator, 6 juta dari 7 persen kali 27 Puskesmas berapa duit, dak jelas lah untuk apo,”cetusnya.

Terkait adanya dugaan potongan dana BOK oleh Kadis Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Afdaei saat dikonfirmasi mengatakan, tidak ada pemotongan terhadab penyaluran dana BOK tersebut.

“Dakso kami kebijakan kayak tu dak, tran saksikan sudah non tunai galo,”pungkasnya.

penulis : Kasto

editor : Andy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.