28/10/2021

Illegal Logging Marak Lagi di Merangin

1 min read

BANGKO-Aktivitas bisnis kayu liar atau illegal logging marak lagi diwilayah Kabupaten Merangin. Bahkan aktivitas illegal logging di Merangin saat ini disebut sudah skala besar dan menjadi pemasok utama bahan baku ke somel-somel.

Ade Hadiono, Staf Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) bukit lubuk pekak hulu landai mengungkapkan illegal logging saat ini marak ditiga kecamatan yakni  Kecamatan Pamenang Selatan, Tiang Pumpung dan Lembah Masurai.

“Kayu-kayu itu diambul dari hutan lindung hulu landai bukit pule, kawasan kecamatan Tiang Pumpung. Kayu dari situ dihanyutkan di sungai batang arai, baru keluarnya di Dusun Baru Sakai dan Desa Rantau Limau Kapas di Kecamatan Tiang Pumpung, dan juga Desa Pulau Bayur Kecamatan Pamenang Selatan,” ungkapnya.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Lembah Masurai, dikatakan Ade, aktivitas illegal loging terjadi di perbatasan Desa Tanjung Dalam dengan Desa Koto Tapus, Kecamatan Jangkat Timur.

” Lembah Masurai itu antara perbatasan Tanjung Dalam dengan Koto Tapus. Selama ini tidak termonitor oleh kita, itu sudah terjadi sejak 2014 lalu. Itu sudah skala besar,  karena rata-rata bahan baku kayu ke somel-somel dari wilayah itu,” sebut Ade.(TM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *