26/05/2022

Disorot Terlibat PETI di Sungai Nilo, Kades Desa Guguk Ijas:  Itu Tidak Benar, Yang Ada Alat Kades Simpang Parit Marbawi

2 min read

BANGKO – Sepertinya tak henti hentinya dugaan keterlibatan Kepala Desa pada aktivitas Pertambangan Tanpa Izin (PETI) di kawasanya.

Seperti halnya, Kades Desa Guguk Ijas. Dia dikabarkan mencuri kekayaan negara mencari butiran emas dengan menggunakan alat berat di Sungai Nilo Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap.

” Alat berat kades Guguk itu, duo alatnyo. Tapi bukan dio yang tampil di depan, saudaranya bernama Wen yang maju ngurus alat itu,” ungkap warga Guguk minta namanya gak di catut ke media ini Kamis (7/8).

Informasi teranyar, kata sumber tersebut, dalam waktu dekat ini dia (Ijas) Kades Guguk, bersama Kades Simpang Parit Marbawi akan membeli alat berat baru.

” Kabar keduonyo Kades itu nak beli alat baru lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Kades Guguk Ijas di konfirmasi media ini soal keterlibatannya bermain PETI di kawasan Sungai Nilo tersebut sedikit mengelak.

Namun, mengetahui bahwa aktivitas alat berat ini sudah berjalan sangat lama. Dan siapa saja pelakunya.

” Kalau sayo dak ado. Tapi, setau sayo informasi ini kan lah lamo, dan sebelum ini udah beredar. Alat berat main PETI di Guguk memang ado tapi dak banyak lagi kareno dak ado isi (Emas) nyo lagi,” jawab Ijas saat di konfirmasi.

Dulu, kata Ijas, hanya ada sekitar tujuh alat, tapi saat ini hanya empat alat berat yang bermain di Sungai Nilo tersebut. Dan lagi posisinya juga jauh.

” Sempat tujuh alat berat yang masuk menambang di sana. Kini hanya tinggal empat. Kalau yang punya alat itu dak usah di sebut lagi karena sudah berkembang siapa namanya. Soal informasi saya main alat dan minyak pada aktivitas ini, itu tidak benar,” tegas Ijas.

Saat di disinggung Ijas, selain dirinya apakah ada alat Kades Marbawi yang sedang beraktivitas di Sungai Nilo itu?

” Kalau Marbawi udah lama punya alat. Namun, dia main di Sungai Nilo baru baru ini aja. Sebelumnya di Simpang Parit di Sungai Sengak,” pungkasnya .(*)

Penulis/Editor/Rafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.