30/06/2022

Tahun 2020 Ini Rp 112 Milyar APBN Diboyong Merangin

2 min read

BANGKO – Merangin patut berbangga punya Bupati seperti Al Haris. Kenapa begitu, selain enerjik dia adalah sosok pekerja keras.

Dua priode menakhodai Tali Undang Tambang Teliti, suami Hesnidar tersebut, sudah mempersembahkan geliatnya pembangunan monumental di tengah Kota Bangko.

Meski harus kulu kilir (Bolak Balik) ke pusat, ia terus berjuang melobi dan melobi supaya anggaran terus di gelontorkan demi tercipta impian masyarakat Merangin pada pembangunan dan insfrastruktur.

Berkat keuletan dan kerja kerasnya, tahun 2020 ini Al Haris berhasil ‘memboyong’ ABPN sebesar 112 Milyar dari Balai Prasarana Jalan Nasional (BPJN) wilayah IV Sumatera ke Merangin.

Al Haris didampingi lansung oleh Kadis PUPR Merangin Aspan serta dan tim teknis. Mereka disambut langsung Kepala BPJN Wilayah IV Sumatera, Ir Basor Hasoloan Pasaribu, MT, beserta Tim.

Di pertemuan itu, Al Haris memaparkan sejumlah kebutuhan sarana dan prasarana urgent bagi masyarakat Merangin.
Kegunaan anggaran itu untuk membangun duplikat Jembatan Merangin kurang lebih Rp 58 Miliar.

Selebihnya, Preservasi jalan Bangko-Sandaran Agung Rp 44 M dan Preservasi jalan Bangko batas Bungo Rp 8 Miliar lebih.

Disamping itu, masih ada enam kegiatan yang persiapan tender berupa tiga jembatan di ruas jalan lintas Sumatera serta empat jembatan gantung untuk pedesaan.

“Membangun suatu daerah butuh keuletan dan keseriusan serta inovasi. Merangin terus mendapatkan alokasi dana-dana dari APBN dan APBD Provinsi Jambi. Hubungan harmonis ini akan terus kita tingkatkan untuk bersinergi dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” kata Al Haris saat berdialog ke pihak BPJN Wilayah IV Sumatera, Jum’at (7/2).

Selain itu, pada pertemuan itu Bupati juga mengutarakan ke Kepala BPJN Wilayah IV Sumatera jika Jembatan Merangin sudah dari 2015 diusulkan dan baru terealisasi tahun 2020.

“Ini rezeki anak yang sholeh dan apa yang kita lakukan dulu sekarang kita menuai hasilnya,” ujar Al Haris lagi.

Tak hanya di tahun 2020 saja, ternyata Bupati Merangin juga mengajukan sejumlah kegiatan ke BPJN Wilayah IV Sumatera. Dirincikannya, usulan di tahun 2021 melalui BPJN Wilayah IV Sumatera antara lain lanjutan pelebaran jalan lintas sumatera dalam Kota Bangko.

Pembangunan jembatan di ruas jalan kabupaten yang menjadi jalan strategis, peningkatan jalan Sungai Manau-Ngaol serta melalui dana deskresi untuk empat jembatan di pedesaan, hingga akses transfortasi ekonomi maayarakat lancar.

Sementara itu, Kadis PUPR Merangin Aspan menyebutkan sesuai dengan intruksi Bupati Merangin, pihaknya komit membantu kelancaran dalam pelaksanan kegiatan, baik dari APBN dan APBD Provinsi yang berlokasi di Merangin.

“Kita komit, sehingga mencapai hasil yang optimal dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika itu kita jaga kedepannya, Pempus dan Pemprov Jambi tak enggan menempatkan kegiatan di Merangin,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor/Rafik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.