12/08/2022

Bupati Merangin Pringati Hari Lahir Pancasila

1 min read

BANGKO – Bupati Merangin Mashuri bersama Forkopimda dan para penjabat eselon II di jajaran Pemkab Merangin, mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, secara virtual dari ruang Pola Utama Kantor Bupati Merangin, Rabu (01/6).

‘’Alhamdulillah hari ini secara virtual kita bersama-sama bisa mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila 2022 serentak seluruh Indonesia, yang dipimpin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo’’ujar Bupati.

Peringatan hari lahir Pancasila kali ini jelas bupati, dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten Ende berada di pesisir selatan Pulau Flores.

Kota Ende menjadi saksi bisu cerita pengasingan Bapak Soekarno dan menjadi tempat perenungan bagi Presiden pertama Indonesia tersebut,’’jelas Bupati dibenarkan unsur Forkopimda Merangin yang hadir.

Pada amanatnya terang bupati, Presiden yang mengenakan pakaian adat Ende, minta untuk selalu menjalin sinergitas, menjalin persatuan dan kesatuan dan tetap berpegang teguh kepada dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Upacara tersebut dikuti peserta dari para murid Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Pramuka, barisan TNI, barisan Polri dan organisasi kemasyarakatan.

Sebelumnya Kepala Negara dan Ibu Negara Iriana Jokowi, berkesempatan melihat-lihat kondisi rumah pengasingan Bung Karno dan keluarga yang tidak terlalu jauh dari lokasi upacara.

Presiden dan ibu tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.00 WIB, Jokowi mengenakan baju adat khas daerah Ende yakni Ragi Lambu Luka Lesu dengan perpaduan warna merah dan hitam. Sementara Ibu Negara mengenakan pakaian khas Ende berwarna ungu.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Kabupaten Merangin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.