25/06/2022

Bupati Mashuri Dampingi Gubernur Al Haris Rapat Persiapan Penilaian Geopark Jadi UGG

2 min read

BANGKO – Geopark Merangin-Jambi akan naik level menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) dan menjadi destinasi wisata dunia. Karena dalam waktu dekat ini tim dari UNESCO akan melakukan penilaian, layak atau tidaknya geopark ini menjadi UGG.

Untuk meloloskan penilaian ini, Gubernur Jambi  Al Haris didampingi Bupati Merangin  Mashuri dan Sekda Fajarman, menggelar rapat persiapan penilaian Geopark Merangin-Jambi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Bappeda Merangin, Jumat (18/2).

‘’Kita harus persiapkan betul penilaian ini dan jangan sampai kita tidak siap, seperti pada penilaian 2014, yang pada akhirnya gagal. Intinya ini tugas kita bersama dan saya siap sepenuhnya,’’ujar Gubernur.

Guna memuluskan proses penilaian ini, Pemprov Jambi bersama Pemkab Merangin akan membenahi kawasan Geopark Merangin-Jambi. Mulai dari pembangunan jalan akses, pusat informasi turis, gerbang masuk dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk melengkapi sarana dan prasarana Geopark Merangin-Jambi itu, gubernur menggelontorkan dana Provinsi Jambi sebesar Rp 2 miliar. Pengerjaan proyek infrastruktur Geopark Merangin-Jambi ini akan dikebut.

’Nanti cepat dibangun sarana-sarana penunjangnya, seperti gazebo dan fasilitas lainnya. Kondisi persiapan di lokasi Geopark Merangin-Jambi ini harus benar-benar matang, kita harus siap,’’pinta Gubernur.

Selain itu Al Haris menegaskan, pentingnya pemasangan rambu-rambu menuju geopark, karena belum banyak terpasang. Untuk itu, gubernur juga akan membantu pembuatan rambu-rambu tersebut.

Dinas Kominfo diminta gubernur, harus siap dengan sinyal internet di lokasi Geopark Merangin-Jambi. Jika perlu gubernur minta dibawa mobil peralatan dari Telekom untuk pengadaan sinyal tersebut.

‘’Kita punya dana untuk berkunjung ke UNESCO di Perancis, guna membicarakan peningkatan status Geopark Merangin-Jambi ini. Nanti silahkan siapa yang akan berangkat melakukan pendekatan dan proyeksi di sana,’’terang Gubernur.

Bila Geopark Merangin-Jambi telah menjadi UNESCO Global Geopark jelas gubernur, baru nanti kembali diusulkan Geopark Kerinci, yang sudah dilaunching di Bandung beberapa waktu lalu.

‘’Kalau Geopark Merangin-Jambi sudah jadi UGG dan Candi Muarojambi sudah jadi milik dunia, tentu Bandara Udara Sultan Thaha Jambi akan menjadi Bandara internasional,’’harap Gubernur.

Terpisah, Bupati Merangin H Mashuri sangat optimis Geopark Merangin-Jambi bisa naik level menjadi UGG, karena bila dibanding dengan geopark lainnya, Geopark Merangin-Jambi paling banyak mempunyai keunggulan.

Prestasi besar kita bila Geopark Merangin-Jambi lulus dan ditetapkan menjadi UGG. Danau Toba sudah sepuluh tahun, Rinjani sudah enam tahun. Kita meski baru beberapa tahun harus siap,’’tukasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Merangin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.